Apa Itu IPTV? Kelebihan dan Kekurangannya

Indogiz - IPTV adalah teknologi terbaru dalam dunia penyiaran televisi, yang memanfaatkan protokol internet sebagai media penyiaran.

Teknologi siaran televisi berbasis internet ini, sangat memudahkan pengguna yang ingin menyaksikan tayangan televisi kapan pun dan di mana pun.

Pengguna tak perlu khawatir lagi ketinggalan program-program televisi kesayangan, karena hadirnya IPTV lebih memudahkan pengguna dalam menikmati siaran.

Apa Itu IPTV?

Apa Itu IPTV


IPTV merupakan akronim dari Internet Protocol Television, yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai siaran televisi berbasis internet.

Teknologi ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi belakangan teknologi IPTV ini semakin berkembang dan meluas pemakaiannya.

Bahkan saat ini sejumlah stasiun televisi dan penyedia layanan televisi berbayar, sudah semakin handal dalam mengelola layanan televisi berbasis internet ini.

$ads={1}

Kelebihan IPTV di Banding TV Konvensional

Dari beberapa aspek, secara perlahan tentu saja kehadiran IPTV ini dapat menggeser eksistensi dari televisi konvensional. Terlebih lagi, pada 2022 mendatang, tak ada lagi siaran TV analog, karena semuanya akan dimigrasi ke siaran TV digital.

Adapun beberapa kelebihan IPTV yang tidak dimiliki televisi konvensional antara lain adalah:

  1. Kualitas siaran yang lebih jernih dari segi visual dan suara. Karena kalian tidak akan merasakan lagi siaran dengan gambar berbayang atau semut berkelahi jika menggunakan IPTV.

  2. Efisien dan fleksibel, karena IPTV dapat dinikmati melalui berbagai macam gadget seperti smartphone, tablet, laptop ataupun Smart TV.

  3. TV on Demand. Jika menggunakan layanan IPTV Premium biasanya kalian juga bisa menyaksikan siaran ulang dari tayangan atau program televisi yang terlewat oleh kalian. Bahkan kalian bisa menyaksikan tayangan yang sudah disiarkan hingga 7 hari ke belakang.
IPTV adalah Internet Protocol TV

$ads={2}

Kekurangan IPTV yang Perlu Diperhatikan

IPTV adalah teknologi penyiaran yang tergolong canggih dan sangat fleksibel. Tapi dibalik itu semua ada beberapa kekurangan IPTV yang perlu diketahui, di antaranya adalah:

  1. Kualitas siaran tergantung dari kualitas jaringan internet. Ketika koneksi internet tidak stabil, maka akan berdampak pada kualitas siaran. Biasanya gambar akan menjadi buram, ataupun tayangan terhenti seketika, jika jaringan internet tidak stabil.

  2. Metode siaran yang menggunakan sebuah URL tertentu untuk masing-masing channel, membuat IPTV cukup rawan terjadi pembajakan siaran. Karena URL siaran tersebut dapat dengan mudah disebarluaskan dan diputar menggunakan IPTV player lain tanpa seizin pemilik hak siar.

  3. Membutuhkan koneksi internet yang stabil dan unlimited. Karena streaming TV online menggunakan IPTV sangat menghabiskan kuota internet, jadi kalian harus menggunakan WiFi dengan kuota unlimited jika ingin nonton TV online menggunakan IPTV.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian IPTV, serta apa saja kelebihan dan kekurangan dari Internet Protocol Television tersebut.

Baca Juga:
Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama