Cara Mengatasi Google Drive yang Limit Penyimpanannya Penuh

Indogiz kali ini akan memberikan tips, cara mengatasi Google Drive yang limit penyimpanannya hampir penuh.

Sebagai layanan cloud storage yang cukup terkenal saat ini, Google Drive menawarkan layanan gratis kepada semua pemili akun Gmail.

Setiap kali pengguna membuat akun Gmail, maka secara otomatis juga akan mendapatkan akses Google Drive gratis, dengan kapasitas penyimpanan mencapai 15GB.

Layanan cloud storage milik Google ini sangat mudah digunakan, karena pengguna bisa mengaksesnya melalui website ataupun aplikasi mobile.

$ads={1}

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Cara Mengatasi Google Drive Limit

Setiap akun Gmail sudah terintegrasi dengan layanan Drive ini, seperti gmail dan google doc, semua layanan tersebut sudah terintegrasi dengan Google Drive.

Namun sayangnya kapasitas penyimpanan yang tersedia secara gratis tidak terlalu besar.

Jika kalian aktif menggunakan Google Drive untuk download software ataupun film, maka kapasitas Google Drive kalian akan cepat penuh.

Jika kapasitas penyimpanan Google Drive hampir penuh, maka kalian bisa mengatasi dengan beberapa opsi yang akan Indogiz berikan berikut ini.

1. Hapus File yang Sudah Tidak Terpakai

Hapus File yang Sudah Tidak Terpakai

Untuk mengatasi Google Drive limit, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah, mensortir file-file yang sudah tidak digunakan lagi.

Kalian perlu menghapus file-file berukuran besar ataupun kecil dari akun Google Drive kalian. Tapi jangan lupa untuk mengosongkan tempat sampah yang ada di Google Drive. Karena setiap file yang dihapus, akan masuk ke dalam tempat sampah pada Google Drive.

Jika file pada tempat sampah tidak dihapus, maka kipasitas penyimpanan kalian akan tetap penuh.

2. Buat Lebih Banyak Akun Gmail Baru

Buat Lebih Banyak Akun Gmail Baru

Jika kapasitas Google Drive limit maka kalian bisa membuat akun Gmail lainnya, untuk bisa mendapatkan kapasitas ruang penyimpanan Drive tambahan.

Setiap akun Gmail gratis, akan mendapatkan 15GB kapasitas penyimpanan Google Drive. Jika kalian membutuhkan lebih banyak kapasitas tanpa berlangganan, maka kalian bisa membuat akun Gmail baru.

Tapi cara ini terbilang ribet, karena file yang kalian simpan akan terpecah pada beberapa akun Gmail, sehingga fila kalian tidak terpusat.

$ads={2}

3. Berlangganan Google One

Berlangganan Google One

Jika kalian membutuhkan kapasitas penyimpanan Google Drive yang lebih besar, dan semua file terpusat hanya pada satu akun Gmail, maka kalian perlu berlangganan Google One.

Ada beberapa pilihan paket langganan yang bisa kalian pilih. Berikut detail paket langganan Goole One yang bisa kalian pilih.

Paket Kapasitas Harga Perbulan Harga Pertahun
Basic 100GB Rp.26.900/bulan Rp.269.000/tahun
Standard 200GB Rp.43.000/bulan Rp.430.000/tahun
Premium 2TB Rp.135.000/bulan Rp.1.350.000/tahun

Itulah beberapa pilihan cara mengatasi Google Drive hampir penuh, karena sudah mencapai limit  kapasitas penyimpanan. Kalian bisa pilih opsi mana yang lebih kalian sukai.

Jika memang kalian memiliki anggaran untuk hal ini, maka kalian bisa pilih paket langganan Google One yang sesuai dengan anggaran kalian.

Tapi jika kalian tetap ingin yang gratisan, maka jangan ragu untuk mencoba cara yang sudah Indogiz jelaskan di atas.

Baca Juga

Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama