Rekomendasi Emulator Android Ringan untuk Laptop

Indogiz - Emulator android sering kali digunakan para developer aplikasi ataupun game android, untuk melakukan testing terhadap aplikasi dan game yang sedang dikembangkan.

Berkat adanya emulator inilah, para developer tidak perlu repot mengetes aplikasi dan game buatannya, pada smartphone mereka masing-masing.

Tapi sekarang fungsi emulator tidak hanya berguna untuk testing aplikasi mobile yang sedang dikembangkan, tapi juga sering digunakan untuk bermain game android di PC.

Emulator Android Ringan

Emulator Android Ringan untuk PC

Emulator android ringan memang sangat memungkinkan pengguna untuk menjalankan beragam aplikasi android di PC ataupun laptop. Begitu juga dengan game android, yang kemudian juga bisa dijalankan di PC atau laptop.

Memainkan game android di laptop memang lebih menyenangkan, karena kalian bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard dan mouse untuk kontrol gamenya.

Nah, berikut ini Indogiz ingin memberikan rekomendasi emulator android ringan terbaik, yang memungkinkan kalian bermain game android di PC.

$ads={1}

1. NoxPlayer

NoxPlayer emulator android ringan

Emulator pertama ada NoxPlayer yang menjadi salah satu emulator ternama saat ini. Ukuran filenya yang tidak terlalu besar, dan kebutuhan sistemmya yang tidak terlalu berat, menjadikan NoxPlayer sebagai emulator android ringan terbaik.

NoxPlayer saat ini sudah dilengkapi sistem operasi Android 9, sehingga sangat cocok untuk memainkan game-game android terbaru saat ini.

Hebatnya NoxPlayer adalah, mereka juga menyediakan game center, yaitu tempat download koleksi game android yang sudah support dengan NoxPlayer.

2. Droid4x

Droid4x emulator android ringan

Laptop kalian masih menggunakan Windows 7, 8 atau mungkin 10? Maka kalian bisa mencoba Droid4X android emulator.

Emulator android ringan ini, memungkinkan kalian menjalankan beragam aplikasi dan game android di laptop atau PC.

Tak ketinggalan disediakan juga apps downloader, yang menyajikan banyak game dan aplikasi untuk kalian pasang di emulator satu ini.

3. LDPlayer

LDPlayer emulator android ringan

Emulator android ringan lainnya adalah LDPlayer, yang bisa kalian download juga secara gratis.

Emulator ini masih menggunakan Android versi 7.1, tapi masih bisa menjalankan banyak game-game android terbaru seperti PUBG Mobile, eFootball PES, Mobile Legends hingga Ragnarok X: Next Generation.

Emulator android untuk PC ini bekerja dengan mulus pada komputer berbasis Intel ataupun AMD, sehingga dapat memberikan pengalaman bermain game android yang cepat dan mulus.

4. Genymotion

Genymotion android emulator

Berikutnya ada Genymotion yang juga merupakan emulator android untuk PC dan laptop. Tapi emulator sebenarnya diperuntukkan untuk testing aplikasi Android yang sedang dikembangkan.

Jadi emulator ini tidak menyediakan apps downloader untuk kalian mengunduh game-game android yang bisa dimainkan.

Jika ingin menggunakan Genymotion untuk bermain game android, kalian perlu mengunduh file APK gamenya dulu, lalu import ke dalam emulator ini.

$ads={2}

5. KoPlayer

KoPlayer emulator android ringan

KoPlayer termasuk salah satu android emulator ringan untuk bermain game android di PC. Pasalnya syarat minimum sistemnya masih mampu berjalan pada PC dengan RAM hanya 2GB saja, dan kapasitas penyimpanan hardisk 10GB.

Emulator ini bisa berjalan pada PC dengan sistem operasi Windows ataupun MAC, sehingga sangat fleksibel untuk digunakan.

Sedangkan untuk mendownload aplikasi dan game android-nya, kalian bisa download melalui aplikasi Google Play Store yang tertanam di dalam KoPlayer.

6. MEmu Play

MEmu Play android emulator ringan terbaik

Selanjutnya ada Memu Play yang juga menjadi emulator android ringan terbaik saat ini. Emulator ini menyajikan beragam game android terbaru yang bisa diunduh, seperti PUBG Mobile, Call of Duty, Mobile Legends, Free Fire dan gam lainnya.

Hebatnya lagi untuk memasang MEmu Play di PC atau laptop, syarat minimum RAM yang bisa digunakan mulai dari 1GB, dan bisa dijalankan di PC berbasis Windows XP SP3, Win7, Win8 hingga Win10.

7. Andy

Andy emulator android ringan

Andy termasuk emulator android terbaik, yang ringan untuk PC berspesifikasi kentang. Pasalnya, saat menjalankan aplikasi Andy hanya menggunakan kurang dari 1GB RAM yang tersedia.

Emulator android ringan ini juga tersedia untuk sistem operasi Windows ataupun MAC. Selain itu Andy juga menyediakan apps center, untuk kalian mendownload game-game android yang sudah support di emulator ini.

Demikianlah beberapa rekomendasi emulator android ringan, yang memungkinkan kalian bermain game android di PC.

Keuntungan memainkan game android di PC adalah, kontrolnya yang lebih mudah, karena bisa menggunakan kombinasi kontrol keyboard dan mouse.

Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about great technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


close