Pengertian dan Sejarah Komputer Lengkap

Indogiz - Komputer adalah perangkat elektronik yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat modern saat ini. Banyak pekerjaan yang dapat dilakukan, dengan bantuan perangkat elektronik ini.

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, kehadiran komputer menjadi salah satu alat bantu, untuk melakukan berbagai macam pekerjaan. Seperti menulis, menghitung, mencari informasi ataupun mengolah data lainnya.

Kemajuan teknologi sekarang ini, memaksa orang untuk lebih paham bagaimana cara mengoperasikan komputer.

{tocify} $title={Table of Contents}

Pengertian Komputer

Pengertian Komputer
Secara harfiah pengertian komputer dapat diartikan sebagai seperangkat alat elektronik otomatis, yang dapat digunakan untuk mengolah data berupa teks, gambar, file audio dan video sesuai instruksi dari pengguna.

Hasil dari pengolahan data tersebut, dapat langsung dilihat oleh pengguna, karena perangkat komputer juga dilengkapi dengan sebuah layar, untuk menampilkan data dengan format multimedia.

$ads={1}

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi

Perangkat komputer yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini, tidak lepas dari sejarah komputer yang cukup panjang. Hingga saat ini banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh pengguna komputer.

Sejarah komputer dari genarsi ke generasi, berlalu dengan begitu banyak perubahan dan evolusi, yang menjadikan perangkat komputer saat ini lebih canggih dibanding generasi terdahulu.

Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

Komputer generasi pertama mulai ditemukan pada tahun 1940. Komputer generasi ini memang sudah menggunakan sistem elektronik, tapi masih memiliki beberapa kelemahan ketika digunakan.

Salah satu hal yang menjadi masalah ketika mengoperasikan komputer generasi pertama adalah, perangkatnya yang cepat panas, saat digunakan untuk menyimpan data.

Komputer generasi ini menggunakan tabung vakum, untuk mengatasi panas yang ditimbulkan saat pengoperasiannya. Contoh komputer generasi pertama adalah komputer IBM 701 buatan tahun 1953.

Komputer Generasi Kedua (1959-1965)

Pada komputer generasi kedua, tabung vakum sudah ditinggalkan, karena sudah digantikan dengan komponen yang lebih kecil ukurannya, yaitu komponen transistor.

Komputer generasi kedua juga memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih luas, dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada generasi ini, komputer juga sudah mendukung sistem penyimpanan data menggunakan magnetic tape dan magnetic disk, dalam bentuk removable disk. Contoh komputer generasi kedua adalah kopmuter PDP-5 dan PDP-8 buatan tahun 1963.

$ads={2}

Komputer Generasi Ketiga (1965-1970)

Perkembangan teknologi yang semakin cepat, juga mempengaruhi perkembangan komputer. Pada komputer generasi ketiga ini, perangkat sudah dilengkap dengan sistem operasi, yang memungkinkan pengguna menjalankan beberapa program secara bersamaan.

Ukuran komputer generasi ketiga ini, jauh lebih kecil dibandingkan generasi-genrasi sebelumnya. Komputer generasi ini juga sudah mendukung sistem penyimpanan magentic disk yang sifatnya random access.

Selain itu, komputer generasi ketiga juga sudah mampu melakukan multiprocessing dan multiprograming, dengan konsumsi daya yang lebih hemat dari generasi sebelumnya.

Komputer generasi ini juga sudah dapat terhubung satu sama lain, sehingga dapat dilakukan komunikasi antara satu komputer dengan komputer lainnya.

Komputer Generasi Keempat (1970)

Komputer generasi keempat ini sudah jauh lebih maju dari generasi-generasi sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari pemakaian mikroprosesor dan semikonduktor berbentuk chip, yang digunakan sebagai memori komputer.

Pada generasi keempat ini, banyak perusahaan teknologi yang mulai merilis jenis komputer terbaru, seperti komputer IBM 370 dengan bekal mikroprosesor Intel 4004, yang pertama kali dikembangkan oleh Intel Corporation pada tahun 1971.

Pada era ini juga sudah mulai dikenal istilah Personal Computer (PC), yang dapat dibeli oleh masyarakat dan digunakan di rumahnya masing-masing.

Komputer Modern

Pada era modern sekarang ini, perkembangan komputer sudah jauh lebih pesat, dibandingkan generasi-generasi terdahulu.

Saat ini sudah banyak jenis komputer yang lebih kecil ukurannya, seperti komputer jinjing atau laptop. Namun memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih luas.

Kemampuan pengolahan data pada komputer modern juga semakin meningkat, lebih banyak data dengan beragam format yang bisa diolah. Selain itu juga lebih banyak program yang bisa dijalankan secara bersamaan.

Itulah sedikit penjelasan tentang pengertian komputer, dan sejarah komputer dari generasi ke generasi.

Kemajuan teknologi yang begitu cepat, membuat perkembangan komputer pun menjadi lebih pesat. Sehingga memaksa setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi ini.

Baca Juga:

Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about great technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


close