Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flashdisk

Virus adalah salah satu penyakit yang sering merusak sistem pada komputer. Virus ada banyak jenis dan ragamnya, namun semuanya memiliki fungsi untuk melumpuhkan sistem komputer.

Salah satu jenis virus yang sering kita temukan adalah virus shortcut. Entah darimana asalnya virus ini, tapi kita sering kali mendapatinya pada flashdisk yang kita gunakan sehari-hari.

Sebenarnya jenis virus ini tidak terlalu berbahaya, hanya saja cukup mengganggu pengguna.

Selain itu, biasanya virus ini juga akan menyembunyikan file dan folder yang ada di dalam flashdisk. Sehingga kita akan mengira, bahwa file atau folder tersebut hilang karena virus.

$ads={1}

Cara Menghapus Virus Shortcut pada Flashdisk

Cara Menghapus Virus Shortcut pada Flashdisk

Sebenarnya cara menghapus virus shortcut pada flashdisk cukup mudah. Kita juga bisa menampilkan kembali file yang disembunyikan oleh virus tersebut. Hanya dengan beberapa langkah saja, maka kita bisa mengatasi virus jenis ini.

Tanpa basa basi lagi, berikut ini JadiGamers telah menyiapkan tips, bagaiman cara mengatasi virus shortcut pada flashdisk. Serta cara mengembalikan file yang disembunyikan virus dengan CMD atau Command Prompt.

Cara Menghilangkan Virus Shortcut Dengan CMD

Virus shortcut yang sering menginfeksi flashdisk, bisa lebih mudah dibersihkan jika kalian memiliki software antivirus yang paten.

Tapi terkadang software antivirus tersebut akan menghapus semua file di dalam flashdisk, yang dianggap  sebagai virus.

Biasanya ketika flashdisk terkena virus shortcut, maka semua file di dalamnya akan menghilang. Sebenarnya file-file tersebut tidak menghilang, hanya saja disembunyikan oleh virus shrotcut tersebut.

$ads={2}

Berikut cara menghilangkan virus shortcut pada flashdisk, dan cara menampilkan file yang disembunyikan virus selengkapnya:
  1. Langkah pertama, colokkan flashdisk yang terkena virus, pada komputer yang bersih dari virus, dan terpasang software antivirus terbaik.

  2. Setelah itu buka Windows Explorer, dan pilih tab Organize, dan klik Folder and search options. Untuk Windows 10, pilih tab View > Options > Change Folder and search options.

  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Folder Options. Silahkan beralih ke tab View pada kotak tersebut.

  4. Pada opsi Hidden file and folders, silahkan pilih Show hidden files, folders and drives.

  5. Scroll sedikit ke bawah, lalu uncheck Hide protected operating system files (Recommended).

  6. Nanti akan muncul kotak dialog, lalu silahkan tekan tombol Yes, lalu tekan tombol OK untuk menutup kotak dialog Folder Options.

  7. Biasanya pada tahap ini semua file dan folder yang disembunyikan virus, akan muncul kembali namun belum permanen.

  8. Langkah berikutnya silahkan buka CMD atau Command Prompt. Dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketikkan perintah CMD lalu tekan Enter.

  9. Pada layar command prompt, ketik dirve flasdisk yang terkena virus shortcut. Misalnya Drive G, maka ketiklah perintah G: pada jendela command prompt, lalu tekan Enter.

  10. Kemudian ketikkan lagi perintah attrib -s -h -r *.* /s /d, lalu tekan Enter kembali.

  11. Jika sudah, maka seharusnya flashdisk kamu sudah kembali normal. Langkah berikutnya, kamu hanya perlu menghapus folder dan file shortcut asing, yang ada di dalam flashdisk tersebut.

Itulah dia cara menghapus virus shortcut pada flashdisk, serta cara memunculkan file yang disembunyikan virus.

Dengan cara di atas, maka flashdisk kamu akan kembali bersih dari virus shortcut yang sering muncul.

Jika tidak ingin flasdisk kamu kembali terkena virus jenis shortcut, maka jangan sembarangan mencolok flashdisk pada komputer lain.

Kamu juga wajib memasang antivirus, untuk memindai flashdisk yang terkena virus, sehingga dapat mencegah serangan virus terhadap sistem komputer.
Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about great technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


close