Ini Keutamaan VPS untuk Website Berskala Besar

Bagi Anda yang memulai bisnis digital dengan membuat website, pasti sudah tidak asing dengan istilah hosting. Hosting murah berkualitas banyak dicari agar lebih meningkatkan SEO website lebih baik. Salah satunya adalah web hosting VPS. Kelebihan VPS akan dijelaskan dalam artikel ini.

VPS adalah jenis web hosting yang banyak digunakan oleh pebisnis website karena dapat meningkatkan performa website lebih baik. Namun, ada ciri yang mendasar untuk Anda perlu memakai VPS atau tidak. Simak penjelasannya berikut ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu VPS

Apa itu VPS
Apa itu VPS

Untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan VPS karena sesuai dengan keutamaan yang didapatkan. Mengapa demikian? Hal ini karena VPS adalah server yang dapat membagi sumber daya dari server fisik menjadi server virtual.

Sesuai dengan namanya VPS (Virtual Private Server), yang menjalankan server dalam bentuk virtual. Dengan cara kerja VPS yang seperti ini membuat penggunanya mudah menjalankan beberapa operating system secara mandiri seperti pada server fisik.

Ada banyak kelebihan VPS untuk dipakai bagi pemilik website untuk bisnisnya. Hal ini karena website tersebut cocok untuk trafik yang tinggi dengan VPS mampu membuat Anda mengamankan data lebih baik karena ada fitur keamanan di dalamnya.

Jenis VPS

Jenis jenis VPS
Jenis-jenis VPS

VPS masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis sehingga penting untuk mengetahuinya. Jenis VPS ada 4,yaitu Open Vz, KVM, HVM, dan Hyper V. Setiap jenisnya memiliki kelebihan dalam hal kapasitas dan sistem operasi yang mendukung. Simak penjelasannya berikut.

1. Open Vz

Jenis VPS yang satu ini adalah jenis yang memiliki penyimpanan paling sedikit dibandingkan lainnya. Sistem operasinya masih dalam bentuk Shared Kerner Server. Meskipun begitu, Open Vz cukup banyak dipakai di pasaran.

Namun, Open Vz hanya dapat digunakan untuk pengguna Linux.

2. KVM (Kernel Based Virtual Machine)

Berikutnya adalah KVM yang sesuai dengan namanya adalah jenis VPS dalam bentuk kernel berbasis virtual. KVM lebih unggul dibandingkan dengan Open Vz. Hal ini karena KVM memiliki keunggulan dalam komunikasi dengan perangkat keras lebih baik.

Berbeda dengan Open Vz yang masih menggunakan sistem operasi untuk memiliki koneksi dengan hardwarenya.

3. HVM (Hardware Virtual Machine)

Jenis berikutnya adalah HVM yang virtualisasinya dalam bentuk kernel. Penggunaan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal pengaturan dan kontrol penuh bagi usernya.

Jadi, Anda bisa mendapatkan berbagai software dan konfigurasi yang diinginkan. HVM akan cocok dipakai untuk website dengan pengunjung yang besar dan memerlukan data besar.

4. Microsoft Hyper V

Berikutnya adalah jenis Microsoft Hyper V yang digunakan untuk perangkat dengan OS Windows. Jadi, ini cukup banyak diminati oleh pemilik website yang memiliki perangkat serupa. Pasalnya, Windows adalah jenis OS yang paling banyak dipakai saat ini.

Kelebihan VPS jenis ini yaitu memiliki tampilan yang mudah digunakan karena memakai Graphical User Interface.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Sendiri

Kelebihan VPS

Lalu, apa sajakah kelebihan dari VPS ini? kelebihan pertama yaitu dari sumber dayanya yang besar baik dalam segi RAM, CPU, dan Bandwidth. Dengan demikian, website akan memiliki performa yang lebih baik dan mengurangi adanya error atau server down.

VPS memungkinkan Anda tidak perlu berbagi dengan pemilik website lain sehingga tidak akan berebut kapasitas dan tidak saling berpengaruh apabila terjadi peningkatan pengunjung.

Kelebihan lainnya dari VPS adalah privasi lebih terjamin karena user lain tidak akan bisa mengakses website Anda meski dalam satu server yang sama. Ada juga fitur backup yang membuat data dapat dikembalikan dengan mudah.

Dalam hal skalabilitas dan kontrol penuh juga termasuk kelebihannya. VPS membuat penggunanya dapat meningkatkan performa website menjadi lebih tinggi tergantung dari situasi dan kondisi yang dihadapi.

Sebagai contoh, apabila memiliki website yang semakin lama jumlah pengunjungnya mengalami peningkatan yang pesat. Kondisi ini membutuhkan upgrade resource dari VPS dan hal ini bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu, adanya VPS membuat Anda bisa dengan bebas memodifikasi berbagai data yang ada di dalam website serta mendapatkan pengaturan keamanan yang dibutuhkan.

Kekurangan VPS

Meski banyak kelebihan VPS, tetap saja memiliki kekurangan. Kekurangan VPS dalam segi harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan Shared Hosting. Namun, itu sepadan untuk investasi jangka panjang.

Selain itu, kekurangan dari VPS ini yaitu berkaitan dengan kemampuan Anda untuk mengoperasikannya VPS cocok bagi yang sudah ahli dalam melakukan operating website.

Apakah Website Membutuhkan VPS

Apakah Website Membutuhkan VPS
VPS untuk Website

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan oleh para pemilik website. Jadi, apakah website membutuhkan VPS?

Jawabannya adalah ya, terutama untuk website yang memiliki trafik tinggi. Penggunaan VPS akan cocok dipakai bagi perusahaan besar yang memiliki database yang banyak.

Hal ini karena ada berbagai kelebihan yang dimilikinya mulai dari privasi yang lebih terjaga, memiliki kendali penuh, sampai dengan meningkatkan kinerja dari website itu sendiri.

Jadi, ini lebih baik dibandingkan shared hosting dan lebih efisien dibandingkan dengan dedicated server.

Baca Juga: Template Blogger Gratis

Penutup

Demikian penjelasan lengkap mengenai kelebihan VPS. Untuk menyimpan aplikasi yang cukup besar seharusnya menggunakan jenis server ini ada banyak pilihannya sesuai kebutuhan dan lebih fleksibel. Untuk mendapatkan hosting dan VPS berkualitas pilih jasa Niagahoster.
Raihan Biruni

Call me Raihan, I'm a personal blogger who is also a tech addict. I wrote an article about great technology tips.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


close